Dampak Komunikasi Yang Buruk Dalam Bisnis

Ketika sebuah perusahaan memiliki konsep atau menerapkan nilai-nilai komunikasi bisnis yang efektif dan efisien, maka proses usaha dalam perusahaan bisa menjadi lebih mudah. Setiap jenis komunikasi bisnis sangat penting untuk diterapkan dalam perusahaan. Tanpa komunikasi vertikal yang sifatnya timbal balik, maka perusahaan tidak bisa mencapai tujuan perusahaan secara terencana dan terukur. Sebaliknya, apabila komunikasi hanya bersifat formal maka para karyawan bisa tertekan dan tidak betah bekerja di perusahaan.

KOmunikasi dalam bisnis

Namun, kita pasti pernah menghadapi sebuah kebuntuan dalam assembly meskipun merancang perencanaan bisnis dengan sempurna. Jika itu terjadi, maka dalam sebuah meeting pasti menciptakan kegagalan dalam menyampaikan komunikasi bisnis. Hal ini mengakibatkan dampak penundaan rencana bisnis, dan reposisi politik di perusahaan. Dengan komunikasi yang baik, pesan dan informasi akan semakin banyak yang tersalurkan dan didapatkan.

Di mana, komunikasi ini pernah diimplementasikan dalam dunia pendidikan melalui Humanistic curriculum yang bersi penekanan pada pembagian pengawasan dan tanggung jawab bersama antar peserta didik. Dengan harapan, peserta didik bisa menyesuaikan dalam kehidupan masyarakat. Tujuan berikutnya adalah untuk memberikan persuasi, yaitu menyampaikan pesan dengan cara yang membuat orang lain terpengaruh untuk setuju dengan pilihan yang ditawarkan. Kegiatan persuasi biasa dilakukan ketika meminta konfirmasi pelanggan atau bernegosiasi dengan pelanggan. Sedangkan informasi untuk rekan bisnis, bisa berupa perjanjian kerjasama, perkembangan bisnis terbaru, atau peraturan perusahaan.

Sehingga ketika komunikasi dapat dilakukan dengan tepat maka tidak akan menimbulkan persepsi yang berbeda antara pemberi informasi dengan penerima informasi. Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan. Di dalam aktivitas komunikasi bisnis initerjadi pertukaran informasi dengan secara terus menerus. Komunikasi tersebut dilakukan secara verbal ataupun juga non verbal dengan tujuan ialah untuk membantu proses pengambilan keputusan pada suatu bisnis. Sedangkan komunikasi bisnis merupakan pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Komunikasi yang dilakukan secara individu memerlukan keterampilan tersendiri bagi individu yang bersangkutan. Satu respons khusus diharapkan oleh pengirim pesan dari setiap pesan yang disampaikannya. [newline]Ketika satu pesan mempunyai efek yang dikehendaki, bukan suatu persoalan apakah informasi yang disampaikan tersebut merupakan tindak berbagi informasi atau tidak. Komunikasi massa dilakukan dengan melalui alat, yaitu media massa yang meliputi cetak dan elektronik.

Mereka tidak suka jika tiba-tiba diminta untuk memberikan pendapat, ide atau opini di dalam rapat sedangkan mereka tidak diberitahu materi apapun sebelum rapat. Dengan mencoba menelusuri perbedaan ini, kita akan mampu meningkatkan komunikasi bisnis kita dengan atasan, rekan kerja, klien, mitra bisnis dan pelanggan. Menjadikan konsumen sebagai poros dari bisnis merupakan salah satu tujuan komunikasi bisnis. Oleh sebab itu, melalui komunikasi bisnis yang baik akan mampu memancing konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan promosi tentang keunggulan produk atau jasa kepada konsumen maupun rekan bisnis untuk bekerjasama.