Masyarakat Umum Jakarta Bisa Dapat Vaksin Moderna, Ini Lokasi Dan Syaratnya

“Data imunogenitas yang merupakan tingkatan titer antibodi dan netralisasi menunjukkan bahwa memang untuk kelompok usia lansia lebih rendah dibandingkan usia dewasa,” ujar Penny. Sedangkan pada fasilitas pelayanan kesehatan, kata Nadia, vaksin Covid-19 buatan Moderna dapat disimpan pada “vaccine refrigerator” suhu 2 hingga 8 derajat celsius. [newline]Adapun keluhan-keluhan ini biasanya dirasakan setelah seseorang menerima dosis kedua vaksin. Keluhan efek samping vaksin Covid-19 buatan Moderna ini sama untuk usia dewasa di bawah 65 tahun dan di atas 65 tahun. “Penerbitan EUA ini untuk merespons kebutuhan vaksin yang sangat tinggi dan upaya pemerintah dalam memperluas cakupan akses vaksin dengan intensitas program vaksinasi nasional,” tambah Penny. KONTAN.CO.ID – Jakarta.Selain vaksin Covid-19 buatan Sinovac dan Astrazeneca, masyarakat umum di Jakarta juga bisa mendapatkan vaksin Moderna. Namun, hanya masyarakat umum dengan syarat tertentu saja yang bisa mendapatkan layanan suntik vaksin Covid-19 buatan Moderna.

Diberitakan Kompas.com, 2 Juni 2021, penerbitan EUA ini berdasarkan hasil uji klinis fase ketiga dan pengkajian Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19, ITAGI, dan BPOM. Meskipun vaksin Covid-19 buatan Moderna juga diberikan kepada masyarakat umum, namun suntikan ketiga Moderna bagi para tenaga kesehatan juga terus dilanjutkan. Tenaga kesehatan adalah prioritas untuk mendapatkan tambahan perlindungan dari vaksin Covid-19 buatan Moderna.

Mendapatkan Vaksin

Menurut Penny, berdasarkan information hasil uji klinis fase ketiga menunjukkan, efikasi vaksin Covid-19 Moderna mencapai 94,1 persen pada kelompok usia tahun. Sementara, untuk kelompok usia di atas 65 tahun, efikasinya menurun mencapai 86,4 persen. Selain itu, hasil uji klinis fase ketiga juga menunjukkan vaksin Covid-19 buatan Moderna aman untuk kelompok populasi masyarakat dengan komorbid atau penyakit penyerta. Adapun komorbid yang dimaksud yakni penyakit paru kronis, jantung, obesitas berat, diabetes, penyakit lever hati, dan HIV. Badan Pengawas Obat dan Makanan diketahui telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 Moderna pada 2 Juni 2021.