Menjalin Kemitraan Usaha Ibarat Menjalani Sebuah Ikatan Pernikahan

Mayoritas masyarakat Desa Karangrejo menanam jambu monyet di ladang atau sawah dan di pinggir-pinggir jalan. Selain metenya, daging jambu monyet juga memiliki segudang manfaat. Masyarakat desa karangrejo biasa membuat jambu monyet menjadi abon dan oseng untuk konsumsi pribadi sehari-hari. Sisanya jika jambu monyet busuk dijadikan pakan sapi agar jambu tidak terbuang. Karena mayoritas penduduk Desa Karangrejo bermata pencaharian sebagai petani, sehingga tidak ada waktu untuk memproduksi jambu monyet jadi abon atau cemilan untuk dijual. Dalam pelatihan tersebut, nampak sekali masyarakat antusias untuk menghadiri guna mengetahui bagaimana cara untuk membuat jambu monyet.

Banyak kok perusahaan atau provider yang sangat welcome dengan kerjasama semacam ini. Sebut saja penerbit buku Deepublish, yang juga sangat terbuka bagi para mahasiswa yang ingin bekerja sampingan, dengan cara bergabung menjadi reseller. Maka, nantinya akan diberi katalog dan daftar harga buku yang dapat dijual belikan. Tentu saja ini bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin, demi menambah pundi-pundi uang. Tergantung, jika Anda melakukannya dengan take pleasure in dan ingin belajar, maka tidak ada yang sulit.

Mencari seorang co-founder yang “klik” dengan kita, mungkin sama halnya kayak mencari jodoh. Pisahkan dengan jelas batas antara profesionalisme dengan pertemanan. Masing-masing pihak juga harus menentukan potensi kemampuan, pembagian tugas serta tanggung jawabnya dalam bisnis yang dijalankan. Mitra potensial, terutama yang memasuki usaha bisnis pertama mereka, perlu bersikap realistis mengenai prospek bisnis dan membuat harapan mereka sesuai untuk menghindari kekecewaan. Jika setiap mitra dalam bisnis tersebut tidak bekerja sama dan hanya memikirkan keuntungan diri sendiri tentu akan sulit bagi bisnis tersebut untuk bisa berhasil dan melewati masa sulit.

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. James mengatakan, kesalahan besar yang pernah ia lakukan adalah ia melakukan kerja sama lebih dari 3 partner, dan hal itu menimbulkan banyak konflik, ego, hambatan, dan memperlambat semuanya. Penting untuk mengetahui tipe kepribadian orang yang akan Anda deal karena menentukan masa depan bisnis Anda. Misalnya Anda hanya bekerja sama dengan satu orang, secara tidak sadar Anda akan menerapkan sistem outsourcing di bisnis Anda.

Hal ini akan jadi nilai positif yang bermanfaat untuk bisnis yang akan kamu jalani bersama. Mencari sahabat untuk dijadikan partner bisnis itu seperti mencari soulmate atau pasangan hidup. Bagi mereka yang baru memulai bisnis dan merasakan indahnya berpartner, mungkin akan mengalami goncangan ketika sudah masuk bulan ke-3 hingga ke-6.Partnerberguna bagi bisnis kita untuk melakukan percepatan.

Namun di luar itu, kamu harus tetap melaksanakan kewajiban masing-masing dan kurangi ikut campur untuk menghindari pertikaian. Sedangkan untuk pembagian keuntungan juga perlu untuk diperhatikan, agar nantinya keuntungan tersebut dapat terbagi dengan adil, dan tidak menimbukan pertikaian di kemudian hari. Pembagian tugas serta kewajiban masing-masing pihak harus dibicarakan dan ditetapkan sebelum usaha berjalan.

Membuat bisnis dengan parter

Namun, mencari partner bisnis yang cocok bukanlah hal yang mudah, akan ada banyak tantangan yang harus Anda hadapi, mulai dari perbedaan visi misi hingga perbedaan pendapat. – Kita perlu ingat bahwa membangun bisnis nggak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi hanya modal dari inovasi baru, banyak hal yang harus diperhatikan termasuk memilih associate bisnis. Entah companion tersebut adalah keluarga, teman, pacar merupakan rekan bisnis dan kita harus menjaga agar bisnis yang kita bangun bersama mereka nggak pecah di tengah jalan.

Gunakan sumber daya independen untuk meneliti calon pasangan Anda. Pertimbangkan reputasi profesional, riwayat pekerjaan, latar belakang keuangan, dan pendidikan mereka. Elemen-elemen ini dapat mempengaruhi cara mereka bekerja dan persepsi publik tentang mereka. Seseorang dengan catatan pekerjaan dan pendidikan yang sangat baik dapat membuat bisnis Anda lebih bereputasi baik. Anda akan menghadapi banyak tantangan di hari-hari awal startup Anda.

Bisnis bisa berkembang dengan kerjasama yang baik, namun bisnis juga bisa hancur karena kerjasama yang buruk. Sangatlah penting untuk mulai mencari companion bisnis yang pas buatmu sehingga tanggung jawab, modal, serta hambatan-hambatan usaha bisa kamu selesaikan bersama. Jika Anda pertama kali memulai bisnis, ada baiknya mempertimbangkan untuk mulai dengan membeli franchise dengan produk yang sudah berjalan atau bergabung dengan teman yang sudah pernah sukses berbisnis.

Membangun bisnis bersama memerlukan keselarasan pikiran dan tujuan. Untuk bisa mencapai objectives yang diinginkan, kamu perlu menyatukan pendapat dengan rekan kerjamu. Karena itu pastikan companion mu adalah orang yang bisa mengontrol egonya, dan terbuka pada saran dan kritik.