Mirip Obat, Vaksin Covid Baru Tak Perlu Disuntik Tapi Diminum

Mereka adalah penduduk asli Wixarika, atau lebih dikenal dengan nama Huichol. Apabila seseorang tidak menjalani vaksinasi, maka ia tidak akan memiliki kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit. Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir adalah pertahanan pertama dari virus Corona. Di samping itu, ada cara-cara lain yang harus Anda ketahui untuk melindungi diri dan orang lain. Itulah berbagai perbedaan vaksin-vaksin COVID-19 yang perlu Anda pahami.

Saat ini, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia masih belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia sekaligus. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Data pandemi Covid-19 di atas sudah termasuk kasus positif baru harian yang dilaporkan bertambah hari ini, yakni konfirmasi positif sebanyak ninety three orang, pasien yang sembuh 20 orang, dan penderita meninggal dunia bertambah lagi tiga orang. “Semua pihak harus mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 supaya goal herd immunity tercapai sesuai goal Program Vaksinasi Nasional,” ujar SAG.

Dari total Tenaga Kesehatan yang dirawat, 2,3% memerlukan perawatan intensif di ICU. Sebagian besar (91%) dari Tenaga Kesehatan yang memerlukan perawatan intensif adalah Tenaga Kesehatan yang belum divaksinasi atau baru mendapatkan vaksinasi 1 dosis. “Ada kemungkinan, Indonesia akan menerima hibah dari COVAX Facility dengan merk vaksin yang juga digunakan untuk vaksin Gotong Royong. Indonesia tidak mungkin untuk pilih-pilih jenis vaksin yang dihibahkan secara free of charge oleh COVAX karena seluruh dunia masih berebut vaksin,” dr. Nadia menjelaskan. “Poin utama dari aturan ini untuk mengatur bahwa pemerintah diperbolehkan menerima vaksin yang sama dengan yang digunakan dalam Vaksinasi Gotong Royong selama itu merupakan skema hibah atau bantuan secara gratis.

Warga yang tidak bisa ke kota, dengan senang hati menyambut dokter dan tim medis di rumah mereka untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Setelah vaksinasi, seorang wanita tua dan putrinya mendayung menjauhi Bwama, pulau terbesar di Danau Bunyonyi di Uganda. Pemerintah negara Afrika tengah sedang mencoba untuk memasok daerah terpencil dengan vaksin COVID-19. Orang dengan penyakit penyerta yang tidak terkontrol seperti diabetes atau hipertensi disarankan tidak menerima vaksin. Jika sedang sakit, peserta harus sembuh terlebih dahulu sebelum divaksin.

Vaksinasi baru

Jadi akhir bulan ini kita bekerja keras untuk mencapai one hundred juta suntikan,” kata Budi Gunadi Sadikin. Jauhar mencontohkan, warga yang divaksinasi di DKI Jakarta misalnya sudah mencapai hampir 80 persen. Jauhar menyampaikan, dalam setiap rapat koordinasi bersama pemerintah pusat, Pemprov terus menyampaikan permintaan vaksin. “Itu sudah sering disampaikan Pak Gubernur ketika rakor. Beliau bilang saya tidak banyak bicara vaksin dipenuhi,” terang Jauhar. “Banyak warga yang siap vaksin. Bahkan kan tempo hari di Samarinda, ada hoaks kegiatan vaksinasi di GOR Sempaja. Warga berbondong-bondong ke GOR Sempaja, tapi ternyata tidak ada . Itu menunjukkan antusiasme vaksinasi tinggi,” tambah Jauhar. Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan program D’Vajar ini adalah ikhtiar untuk memutus mata rantai Covid-19.

Adapun tingkat vaksinasi dosis kedua di Indonesia baru mencapai 12,36%. Program jemput bola itu melibatkan angkutan kota dan transportasi publik seperti bus sekolah untuk menjemput masyarakat di masing-masing kelurahan untuk menuju sentra vaksinasi di Rumah Sakit Universitas Indonesia atau RSUI Depok. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota DepokDadang Wihana mengatakan pencapaian vaksinasi di Depok sekitar 25 persen dari total penduduk. “Sebanyak 20 persen difasilitasi faskes kita, lima persen yang dilakukan TNI Polri dari whole 1,6 juta penduduk,” kata Dadang, Sabtu 14 Agustus 2021.

Orang dapat terinfeksi tanpa menunjukkan gejala, namun tetap dapat menyebarkannya ke orang lain. Jika kita tidak melakukan upaya pencegahan berupa menghindari keramaian, jumlah orang terinfeksi akan meledak dan fasilitas layanan kesehatan akan kewalahan sehingga banyak kasus akan tidak tertangani. Berikut ini adalah rumah sakit yang menjadi rujukan untuk pasien dengan status Pasien dalam Pengawasan. Anda harus mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat terlebih dahulu seperti klinik/rumah sakit umum sebelum akhirnya dapat dirujuk ke rumah sakit khusus di bawah ini.